Monday, 11 January 2010

Garis Lintang dan Garis Bujur

Garis Lintang dan Garis Bujur

Untuk menentukan suatu tempat secara tepat di permukaan bumi biasanya digunakan garis geografi yang diakui secara internasional. Garis geografi tersebut ada dua yaitu : Garis lintang dan Garis Bujur. Garis bujur merupakan garis khayal/imaginer yang menghubungan kutub-utara dan selatan. Selain garis bujur, ada juga garis khayal/imeginer yang melintang tegak lurus garis bujur. Namanya garis LINTANG

Jika dalam contoh penjelasan garis bujur sebelumnya kamu memotong semangka ”dari atas ke bawah” maka garis lintang ini ibarat kamu memotong semangka melintang di perutnya.

Garis lintang ini juga terdiri dari garis-garis yang saling sejajar dari “perut” semangka hingga kepala dan kakinya. Kita lihat lagi bola dunia, garis lintang utama yang membagi bumi tepat dua bagian disebut garus khatulistiwa. Garis lintang yang berada di sebelah ”Atas” khatulistiwa disebut Lintang Utara dimulai dari 0o hingga 90o, dan yang berada di bagian bawah disebut Lintang Selatan juga mulai dari 0o hingga 90o.

Oh ya kita boleh berbangga dengan Negara Indonesia, jika garis bujur 0o melewati kota Greenwich di London sana, maka Garis Lintang 0o atau Khatulistiwa melalui negara kita, tepatnya di kota Pontianak.

Garis Lintang

Garis lintang adalah garis yang melintang membagi bola bumi (globe) menjadi dua, yaitu bagian utara dan bagian selatan garis khatulistiwa. Pengukurannya dalam derajat, menit dan detik serta ditulis dalam singkatan, misalnya 55o 53’ 10” U. Titik di utara garis katulistiwa dinamakan Lintang Utara sedangkan titik di selatan katulistiwa dinamakan Lintang Selatan.

Garis Lintang menandakan perbedaan zona iklim di bumi. Daerah diantara garis Khatulistiwa yang diapit oleh garis CANCER dan garis CAPRICORN (antara 23,27 o LU – 23,27 o LS) disebut daerah tropis, karena di sanalah sepanjang waktu matahari bersinar pada siang hari, di daerah ini hanya dikenal 2 musim yaitu musim panas dan penghujan. Sementara daerah antara 23,27o LU dan 66,33oLU serta antara 23,27oLS dan 66,33oLS disebut daerah sub-tropis, di daerah ini dapat terjadi 4 musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi.

Garis Bujur

Garis Bujur adalah garis yang membujur, membagi bola bumi menjadi dua, yaitu bagian barat dan timur. Garis tersebut menghubungkan ke dua kutub dan melewati kota Greenwich, Inggris. Pengukurannya dalam derajat, menit dan detik. Misalnya 5o 10’ 30” B.

Titik di barat bujur 0° dinamakan Bujur Barat sedangkan titik di timur 0° dinamakan Bujur Timur.

Kombinasi garis lintang dan garis bujur ini berguna untuk menentukan suatu lokasi di permukaan bumi. Garis Lintang menandakan sumbu x dan garus bujur menandakan sumbu y dalam sistem koordinat cartesian. Sebagi contoh kota Sabang di pulau We berada pada koordinat 6oLU 95o BT, dan kota Merauke di Papua memiliki koordinat 11oLS dan 141oBT.

Sumber : id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "