Sunday, 5 July 2009

Mengapa Tumbuhan Berbunga ?

Mengapa Tumbuhan Berbunga ?
Sama dengan hewan, tumbuhan pun berkembang biak agar jenisnya tetap lestari. Sebagian besar tumbuhan tersebut mempunyai bunga (berbunga) sehingga benih-benih dapat dibuat di dalamnya. Benih-benih tersebutlah yang nantinya tumbuh menjadi tumbuhan baru. Selain itu, tumbuhan yang berbunga merupakan sumber makanan bagi makhluk hidup lain yaitu serangga maupun burung-burung pemakan madu.
Apa saja bagian bunga ?
Bunga terdiri atas bagian jantan dan betina. Keduanya berperan dalam pembuatan benih. Sebagian bunga mempunyai kedua-duanya sedang yang lain hanya mempunyai salah satu bagian saja. Bagian jantan yang sering disebut benang sari berfungsi membuat bubuk halus yang disebut juga serbuk tepung sari. Untuk membuat benih, serbuk tepung sari harus bergabung dengan bagian betina (putik). Bergabungnya benang sari dengan kepala putik disebut juga dengan penyerbukan. Mengenai proses penyerbukan sudah pernah dijelaskan dalam artikel sebelumnya yang berjudul 'Proses Reproduksi Pada Tumbuhan'.
Mengapa bunga berbau ?
Bunga memiliki bentuk, warna dan bau yang berbeda-beda pada tiap pohon/tumbuhan. Hal ini untuk menarik hewan agar membantu penyerbukan. Ada bunga yang menggunakan bau harum dan mahkota yang sangat menarik para serangga, contoh bunga tersebut adalah bunga 'kamperfulli', bunga pansy dan bunga matahari. Tetapi ada juga bunga yang bentuknya tidak menarik sehingga cara penyerbukan bunga ini hanya melalui angin.
Bunga anggrek tropis (anggrek lebah) menggunakan baunya yang sama seperti serangga dan mahkotanya yang seperti tubuh serangga berbulu sehingga tampak seperti serangga betina. Serangga jantan akan mengunjungi bunga tersebut dan mencoba untuk melakukan pembuahan. Ketika proses berlangsung serangga tersebut terlumuri dengan serbuk tepung sari sehingga ketika mengunjungi bunga lainnya terjadilah penyerbukan.
Jenis bunga sangatlah banyak. Ada yang kecil, ada yang besar, ada yang wangi, ada yang berbau busuk dan masih banyak lagi. Salah satu bunga yang terkenal dan hidup di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia adalah bunga Rafflesia Arnoldi atau dikenal juga dengan nama bunga bangkai. Bunga ini sangat besar dan dinamakan bunga bangkai karena bau bunganya yang seperti bau busuk. Keragaman jenis bunga yang ada di bumi ini merupakan salah satu dari sekian banyak makhluk hidup yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa untuk memperindah bumi ini.

No comments:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "